RPP PAI Kelas IX Tahun 2012 - 2013
Kamis, 07 Juni 2012
0
comments
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP
Negeri 1 Cilongok
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami Al-Qur’an surat
at-Tin
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1. Membaca QS. at-Tin
dengan tartil.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X
40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat membaca surat at-Tin dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar
Karakter siswa yang
diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi
Pembelajaran
- Surat at-Tin
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan membaca al-Qur’an.
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru
mendemonstrasikan bacaan surat at-Tin.
2). Elaborasi
·
Siswa
berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.
·
menyampaikan
kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai
fasilitator.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
·
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI
Kelas IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP
PAI SMP / MTS
·
Mushaf
Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
§
Membaca potongan-potongan
ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
§
Membaca keseluruhan ayat
dalam QS. at-Tin dengan tartil dan benar.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§
Bacalah surat at-Tin
dengan fasih, kemudian hafalkan!
|
Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
M. PRIYO UTOMO, S.Pd MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001 NIP.197103301998021001
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Cilongok
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami Al-Qur’an surat
at-Tin
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2. Menyebutkan
arti QS at-Tin
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat membaca arti mufradad surat at-Tin, mengartikan surat at-Tin, dan dapat menjelaskan kandungan ayat surat at-Tin.
Karakter siswa yang
diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi
Pembelajaran
- Arti mufradad surat at-Tin
- Arti surat at-Tin
- Kandungan ayat surat at-Tin
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru
mendemonstrasikan bacaan surat QS at-Tin.
2). Elaborasi
·
Siswa
membaca arti mufradad.
·
Siswa
berlatih mengartikan ayat demi ayat berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok
masing-masing dengan bimbingan .
·
menyampaikan
kesulitan yang dialami kepada guru, guru bertindak sebagai fasilitator.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
·
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI
Kelas IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP
PAI SMP / MTS
·
Mushaf
Al-Quran
·
VCD
pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
§ Mengartikan masing-masing kata dalam QS. at-Tin dengan benar.
§ Mengartikan masing-masing ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
§ Mengartikan keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes isian
|
§ Lafaz وطور سينين artinya ....
§ Lafaz لقد خلقنا artinya ....
§ Lafaz أحسن تقويم artinya ....
§ Tulislah arti surat at-Tin ayat 4!
§
Tulislah arti surat
at-Tin ayat 4!
|
Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
M. PRIYO UTOMO, S.Pd MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001 NIP.197103301998021001
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Cilongok
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami Al-Qur’an surat
at-Tin
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.3.
Menjelaskan makna QS. at-Tin.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X
40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.
Karakter siswa yang
diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi
Pembelajaran
- makna QS. at-Tin.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan makna Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin.
2). Elaborasi
·
Siswa
membaca dan mengkaji buku-buku tafsir untuk memahami makna QS.
at-Tin.
·
Menjelaskan pesan-pesan pokok dari QS.
at-Tin.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
·
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI
Kelas IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP
PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
·
VCD
pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
§ Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.
§ Menjelaskan pesan-pesan pokok dari QS. at-Tin.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes isian
|
§ jelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.
§ jelaskan pesan-pesan pokok dari QS. at-Tin.
|
Bentuk
Instrumen
·
Lembar
penilaian diri /skala sikap
Instrumen
Soal
Pernyataan
|
Selalu
|
Sering
|
Jarang
|
Tidak Pernah
|
|
Skor 0
|
Skor 1
|
Skor 2
|
Skor 3
|
||
1
|
Saya
melaksanakan perintah orang tua kalau diberi hadiah
|
||||
2
|
Ketika ulangan
saya berusaha agar mendapat nilai bagus walaupun harus menyontek
|
||||
3
|
Ketika
teman-teman merokok saya ikut-ikutan
|
||||
4
|
Saya tidak
usah berusaha karena kaya dan miskin sudah menjadi takdir Allah SWT
|
||||
5
|
Saya telat
membayar uang sekolah karena saya menerapkan sikap sabar
|
Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
M. PRIYO UTOMO, S.Pd MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001 NIP.197103301998021001
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Cilongok
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami Ajaran Al – Hadits
tentang menuntut ilmu
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.1. Membaca hadits tentang
menuntut ilmu
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X
40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat membaca hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar
Karakter siswa yang
diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi
Pembelajaran
- Hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru
mendemonstrasikan bacaan hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih.
2). Elaborasi
·
Siswa
berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.
·
menyampaikan
kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai
fasilitator.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
·
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI
Kelas IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP
PAI SMP / MTS
·
Mushaf
Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
§ Membaca setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang menuntut ilmu
dengan benar.
§ Membaca keseluruhan al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes isian
|
Bacalah hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih dengan fasih,
kemudian hafalkan!
|
Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
M. PRIYO UTOMO, S.Pd MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001 NIP.197103301998021001
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Cilongok
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami Ajaran Al – Hadits
tentang menuntut ilmu
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.2. Menyebutkan
arti hadits tentang menuntut ilmu
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat membaca arti mufradad hadits tentang menuntut ilmu, mengartikan hadits tentang menuntut ilmu, dan dapat menjelaskan kandungan hadits tentang menuntut ilmu.
Karakter siswa yang
diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan (
Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Arti mufradad hadits tentang menuntut ilmu
- Arti surat hadits tentang menuntut ilmu
- Kandungan hadits tentang menuntut ilmu
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru
menjelaskan kandungan hadits tentang menuntut ilmu.
2). Elaborasi
·
Siswa
membaca arti mufradad.
·
Siswa
berlatih mengartikan hadits tentang menuntut ilmu berdasarkan arti mufradadnya dalam
kelompok masing-masing dengan bimbingan .
3) Konfirmasi
·
menyampaikan
kesulitan yang dialami kepada guru, guru bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan
Penutup
·
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI
Kelas IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP
PAI SMP/MTS
·
Mushaf
Al-Quran
·
VCD
pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
§ Mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang menuntut ilmu
dengan benar.
§ Mengartikan keseluruhan al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes isian
|
§ Lafaz النظافة artinya ....
§ Lafaz من الإيمان artinya ....
§ Lafaz نظيف artinya ....
§ Tulislah arti hadits tentang menuntut ilmu yang menyatakanbahwa
menuntut ilmu itu sebagian dai iman!
§
Tulislah artinya!
|
Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
M. PRIYO UTOMO, S.Pd MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001 NIP.197103301998021001
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Cilongok
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami al-Hadits tentang
menuntut ilmu
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.3. Menyebutkan
hadits tentang menuntut ilmu
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat mensimulasikan sikap berserah menjaga menuntut ilmu serta membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Karakter siswa yang
diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan (
Lovely)
Materi
Pembelajaran
- Sikap menjaga menuntut ilmu.
- Pembiasaan diri menjaga menuntut ilmu.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai makna kandungan hadits tentang menuntut ilmu.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru
menjelaskan Sikap menjaga menuntut ilmu.
2). Elaborasi
·
Siswa
melakukan kegiatan pembiasaan berserah diri dalam setiap aktifitas belajar
maupun pekerjaan yang lain.
·
Siswa
melaporkankegiatannya.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
·
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI
Kelas IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP
PAI SMP / MTS
·
Mushaf
Al-Quran
·
VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
§ Menjelaskan makna yang terkandung dalam al-Hadits tentang menuntut
ilmu.
§ Menjelaskan arti menuntut ilmu seperti yang terkandung dalam
al-Hadits.
§ Menjelaskan prinsip-prinsip menuntut ilmu seperti terdapat dalam
al-Hadits.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes isian
|
§ jelaskan makna yang terkandung dalam al-Hadits tentang menuntut ilmu.
§ Jelaskan arti menuntut ilmu seperti yang terkandung dalam al-Hadits.
§ jelaskan prinsip-prinsip menuntut ilmu seperti terdapat dalam
al-Hadits.
|
Bentuk
Instrumen
·
Lembar
penilaian diri skala sikap
Instrumen
Soal
Pernyataan
|
Selalu
|
Sering
|
Jarang
|
Tidak Pernah
|
|
Skor 0
|
Skor 1
|
Skor 2
|
Skor 3
|
||
1
|
Saya memakai
pakaian yang bersih dan rapi
|
||||
2
|
Ketika akan
shalat saya pasti wudu dan menggunakan pakaian yang suci
|
||||
3
|
Saya mandi
sehari paling tidak dua kali
|
||||
4
|
Saya memotong
kuku seminggu sekali
|
||||
5
|
Ketika melihat
sampah yang tercecer saya buang di tempat sampah.
|
Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
M. PRIYO UTOMO, S.Pd MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001 NIP.197103301998021001
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Cilongok
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Meningkatkan keimanan kepada
Hari Akhir
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1. Menjelaskan pengertian
beriman kepada Hari Akhir
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat mengimani hari akhir, menjelasakan kehidupan dunia hanya sementara, serta menjelaskan fungsinya.
Karakter siswa yang
diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan (
Lovely)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian iman kepada hari akhir
- Kehidupan dunia yang bersifat sementara
- Fungsi beriman kepada hari akhir dalam kehidupan
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya memahami iman kepada hari akhir.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group).
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru memberikan gambaran mengenai dhsyatnya hari akhir.
2). Elaborasi
- Siswa berlatih membaca dalil naqli mengenai hari akhir dengan metode .
- Siswa berdiskusi tentang kehidupan dunia yang hanya sementara.
3) Konfirmasi
- Siswa menelaah lebih mendalam mengenai fungsi beriman kepada hari akhir..
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa melakukan refleksi
mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan
atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI
Kelas IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP
PAI SMP/MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
§ Menjelaskan pengertian hari akhir.
§ Menjelaskan nama-nama hari akhir.
§ Menjelaskan berbagai peristiwa terkait dengan hari akhir.
§ Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir
§ Menjelaskan hikmah beriman kepada hari akhir.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan pengertian iman kepada hari akhirl!
§ Ceritakan kejadian hari akhir!
§ Tulislah ayat tentang hari akhir!
§ Jelaskan tanda-tanda hari akhir!
§
Jelasakan fungsi beriman
kepada hari akhir!
|
Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
M. PRIYO UTOMO, S.Pd MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001 NIP.197103301998021001
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Cilongok
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Meningkatkan keimanan kepada
Hari Akhir
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.2. Menyebutkan ayat
Al-Qur’an yang berkaitan dengan hari Akhir
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat membaca dan mengartikan dalil naqli dan aqli tentang hari akhir dan adanya pembalasan amal baik dan buruk manusia.
Karakter siswa yang
diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan (
Lovely)
Materi
Pembelajaran
- Dalil naqli dan aqli tentang hari akhir
- Dalil naqli tentang adanya pembalasan amal baik dan buruk manusia
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Aprsepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya mengartikan dalil naqli dan aqli tentang hari akhir.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru mendemonstrasikan ayat-ayat yang berhubungan dengan ahri akhir.
2). Elaborasi
- Siswa berlatih membaca dan mengartikan dengan metode .
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
- Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI
Kelas IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP
PAI SMP/MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
§ Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menegaskan iman kepada hari akhir.
§ Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan tanda-tanda datangnya
hari akhir.
§ Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan berbagai peristiwa
yang terjadi pada hari akhir.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Sebutkan ayat-ayat al-Quran yang menegaskan iman kepada hari akhir.
§ Sebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan tanda-tanda datangnya
hari akhir.
§ Sebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan berbagai peristiwa yang
terjadi pada hari akhir.
|
Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
M. PRIYO UTOMO, S.Pd MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001 NIP.197103301998021001
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Cilongok
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Meningkatkan keimanan kepada
Hari Akhir
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.3. Menampilkan sikap
mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa membiasakan diri tadarus al-Qur'an dan berperilaku yang sesuai dengan ajaran al-Qur'an.
Karakter siswa yang
diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan (
Lovely)
Materi
Pembelajaran
- Tadarus al-Qur'an
- Perilaku yang sesuai dengan ajaran al-Qur'an
Metode
Pembelajaran
- Penugasan
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Aprsepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya sikap mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah kegiatan tadarus al-Quran.
2). Elaborasi
- Siswa melakaukan kegiatan tadarus di rumah selama satu minggu.
- Siswa mendeskripsikan kesan-kesannya.
3) Konfirmasi
- Siswa melaporkan hasil kegiatannya secara tertulis.
Kegiatan
Penutup
- Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI
Kelas IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP
PAI SMP/MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
·
Menjelaskan pengertian
kiamat sughra dan tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran dan
al-Hadits.
·
Menjelaskan pengertian
kiamat kubra dan tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran dan
al-Hadits.
·
Menjelaskan proses
kejadian kiamat sughra dan kubra seperti terkandung dalam al-Quran dan
al-Hadits.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ jelaskan pengertian kiamat sughra dan tanda-tandanya seperti
terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
§ jelaskan pengertian kiamat kubra dan tanda-tandanya seperti terkandung
dalam al-Quran dan al-Hadits.
§ jelaskan proses kejadian kiamat sughra dan kubra seperti terkandung
dalam al-Quran dan al-Hadits.
|
Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
M. PRIYO UTOMO, S.Pd MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001 NIP.197103301998021001
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Cilongok
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Membiasakan perilaku
terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.1. Menjelaskan pengertian
tasamuh
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan tasamuh, membaca dan mengartikan dalil naqlinya, serta menjelaskan fungsinya dalam kehidupan.
Karakter siswa yang
diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan (
Lovely)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian tasamuh
- Dalil naqli tentang tasamuh
- Fungsi tasamuh dalam kehidupan
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya berakhlak mulia.
- Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group)
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian tasamuh.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam mengenai tasamuh.
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang tasamuh dengan metode .
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa melakukan refleksi
mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan
atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI
Kelas IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP
PAI SMP / MTS
·
Mushaf
Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
·
Menjelaskan pengertian
qana'ah dan menyebutkan dalilnya.
·
Menjelaskan pengertian
tasamuh dan menyebutkan dalilnya.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
·
Jelaskan pengertian
qanaah!
·
Jelakan pengertian
tasamuh!
·
Jelaskan ciri-ciri
qana’ah!
·
Apakah fungsi qanaah?
·
Tulislah dalil naqli
tentang tasamuh!
|
Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
M. PRIYO UTOMO, S.Pd MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001 NIP.197103301998021001
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Cilongok
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Membiasakan perilaku
terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.2. Menampilkan contoh
perilaku tasamuh
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh perilaku tasamuh dalam kehidupan dan menyukainya.
Karakter siswa yang
diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi
Pembelajaran
- Contoh-contoh perilaku tasamuh dalam kehidupan.
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- Penugasan
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai indahnya berakhlak mulia.
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi untuk mencari contoh-contoh nyata perilaku tasamuh dalam kehidupan.
3) Konfirmasi
- Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa melakukan refleksi
mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan
atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI
Kelas IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP
PAI SMP / MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
·
Menunjukkan contoh-contoh
perilaku qana’ah dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menunjukkan contoh-contoh
perilaku tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
·
Ceritakan contoh
penerapan qana’ah!
·
Ceritakan contoh
penerapan tasamuh!
|
Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
M. PRIYO UTOMO, S.Pd MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001 NIP.197103301998021001
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Cilongok
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Membiasakan perilaku
terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.3. Membiasakan perilaku qana'ah dan
tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat membiasakan diri berperilaku tasamuh dalam kehidupan serta merasakan manfaatnya.
Karakter siswa yang
diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi
Pembelajaran
- Pembiasaan perilaku tasamuh dalam kehidupan
- Manfaat berperilaku tasamuh dalam kehidupan
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Modeling
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai indahnya berakhlak mulia.
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa melakukan simulasi perilaku tasamuh.
3) Konfirmasi
- Siswa menuliskan kesan-kesannya.
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa melakukan refleksi
mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan
atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI
Kelas IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP
PAI SMP / MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
·
Membiasakan perilaku
qana'ah dan tasamuh dalam lingkungan keluarga.
·
Membiasakan perilaku
qana'ah dan tasamuh dalam lingkungan sekolah.
·
Membiasakan perilaku
qana'ah dan tasamuh dalam lingkungan masyarakat.
|
Tes tertulis
|
Tes simulasi
|
·
Simulasikan sikap anak
yang toleran terhadap kawannya yang bukan muslim!
|
Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
M. PRIYO UTOMO, S.Pd MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001 NIP.197103301998021001
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Cilongok
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
5. Memahami hukum Islam
tentang penyembelihan hewan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
5.1. Menjelaskan tatacara
penyembelihan hewan
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan pengertian, syarat-syarat, hal-hal yang makruh, dalil naqli, dan tatacara penyembelihan hewan.
Karakter siswa yang
diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan (
Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian penyembelihan hewan
- Syarat-syarat penyembelihan.
- Dalil naqli tentang penyembelihan hewan.
- Hal-hal yang makruh dalam menyembelih.
- Tatacara menyembelih hewan.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya menghindari akhlak tercela.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian zakat, macam-macam zakat, waktu pelaksanaan zakat fitrah dan besarnya zakat fitrah
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam menganai Jenis-jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya serta Nisab zakat mal
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa melakukan refleksi
mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan
atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI
Kelas IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP
PAI SMP / MTS
·
Mushaf
Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
·
Menjelaskan pengertian
penyembelihan hewan dan dasar hukumnya.
·
Menjelaskan tatacara
penyembelihan hewan yang baik dan benar.
·
Menunjukkan dalil naqli
terkait dengan penyembelihan hewan.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
·
Apa dasar hukum
dilakukannya penyembelihan hewan?
·
Jelaskan secara singkat
tentang tata cara penyembelihan hewan yang benar menurut hukum Islam!
·
Carilah ayat-ayat al-Quran
yang terkait dengan penyembelihan hewan lalu tuliskan dalam buku kerja
kalian!
|
Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
M. PRIYO UTOMO, S.Pd MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001 NIP.197103301998021001
Saran Kepala Sekolah :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Cilongok
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
5. Memahami hukum Islam
tentang penyembelihan hewan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
5.2. Menjelaskan ketentuan
aqiqah dan qurban
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelasakan ketentuan aqiqah dan qurban.
Karakter siswa yang
diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan (
Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian qurban.
- Dalil naqli hukum pelaksanaan qurban..
- Waktu pelaksanaan qurban.
- Ketentuan hewan qurban
- Pembagian daging qurban.
- Pengertian aqiqah
- Dalil naqli hukum pelaksanaan aqiqah.
- Waktu pelaksanaan aqiqah.
- Ketentuan hewan aqiqah.
- Pembagian daging aqiqah.
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas diskusi yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi untuk mencari perbedaan zakat fitrah dan mal.
3) Konfirmasi
- Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa melakukan refleksi
mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan
atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI
Kelas IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP
PAI SMP/MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
¨
Menjelaskan pengertian
aqiqah dan qurban serta dasar hukumnya.
¨
Menjelaskan syarat-syarat
aqiqah dan qurban.
¨
Menjelaskan perbedaan
antara aqiqah dan qurban.
¨
Menyebutkan dalil naqli
terkait dengan aqiqah dan qurban
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
¨
Apa yang dimaksud dengan
qurban?
¨
Sebutkan syara-syarat
hewan untuk aqiqah dan qurban!
¨
Jelaskan perbedaan antara
aqiqah dan qurban!
¨
Carilah ayat-ayat
al-Quran terkait
|
Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
M. PRIYO UTOMO, S.Pd MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001 NIP.197103301998021001
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Cilongok
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
5. Memahami hukum Islam
tentang penyembelihan hewan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
5.3. Memperagakan cara
penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat memperagakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban.
Karakter siswa yang
diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan (
Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Doa/lafaz sebelum menyembelih binatang.
- Praktik cara menyembelih binatang qurban dan aqiqah.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban.
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang orang-orang yang berhak menerima zakat.
- Siswa mengklasifikasi danmenjelasakan orang-orang yang berhak menerima zakat.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa melakukan refleksi
mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan
atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI
Kelas IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP
PAI SMP/MTS
·
Mushaf
Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
¨
Menjelaskan tatacara
penyembelihan hewan aqiqah dan qurban.
¨
Memperagakan
penyembelihan hewan aqiqah dan qurban di depan kelas.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
¨
Jelaskan tatacara
penyembelihan hewan aqiqah dan qurban!
¨
Peragakan cara
penyembelihan hewan qurban dan aqiqah di hadapan teman-teman kalian!
|
Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
M. PRIYO UTOMO, S.Pd MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001 NIP.197103301998021001
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Cilongok
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
6. Memahami hukum Islam
tentang Haji dan Umrah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
6.1. Menyebutkan pengertian
dan ketentuan haji dan umrah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat mamahami ketentuan haji dan umrah.
Karakter siswa yang
diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan (
Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian haji dan umrah.
- Dalil naqli tentang haji dan umrah.
- Hukum melaksanakan ibdah haji dan umrah.
- Syarat-syarat haji dan umrah.
- Rukun haji dan umrah.
- Wajib haji dan umrah.
- Sunah haji dan umrah
- Larangan bagi orang yang melaksanakan haji dan umrah.
- Dam dalam haji dan umrah.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya menghindari akhlak tercela.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian zakat, macam-macam zakat, waktu pelaksanaan zakat fitrah dan besarnya zakat fitrah
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam menganai Jenis-jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya serta Nisab zakat mal
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa melakukan refleksi
mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan
atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI
Kelas IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP
PAI SMP / MTS
·
Mushaf
Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
¨
Menjelaskan pengertian
haji dan umrah serta dasar hukumnya.
¨
Menjelaskan syarat-syarat
haji dan umrah.
¨
Menjelaskan rukun dan
wajib haji serta perbedaan antara keduanya.
¨
Menjelaskan rukun umrah.
¨
Menjelaskan sunnah haji
dan umrah.
¨
Menjelaskan
larangan-larangan pada waktu melaksanakan ibadah haji dan umrah.
¨
Menunjukkan dalil naqli
terkait dengan ibadah haji dan umrah.
¨
Menjelaskan hikmah dan
fungsi ibadah haji dan umrah.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
¨
Jelaskan apa yang
dimaksud dengan haji dan umrah!
¨
Sebutkan syarat-syarat
haji dan umrah!
¨
Jelaskan perbedaan antara
¨
Jelaskan rukun-rukun
umrah yang kalian ketahui!
¨
Sebutkan beberapa sunnah
haji dan umrah!
¨
Sebutkan dua macam
larangan yang dilkukan pada waktu melaksanakan ibadah haji!
¨
Carilah dalil naqli baik
dari ayat-ayat al-Quran maupun hadits terkait dengan ibadah haji dan umrah
lalu tuliskan dalam buku kerja kalian!
¨
Cobalah kalian lakukan
identifikasi tentang hikmah dan fungsi ibadah haji dan umrah terkait dengan
perilaku kita sehari-hari!
|
Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
M. PRIYO UTOMO, S.Pd MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001 NIP.197103301998021001
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Cilongok
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
6. Memahami hukum Islam tentang
Haji dan Umrah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
6.2. Memperagakan pelaksanaan
ibadah haji dan umrah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan (
Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Bentuk-bentuk pelaksanakan ibadah haji dan umrah
- Manasik haji dan umrah
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas diskusi yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi untuk mencari perbedaan zakat fitrah dan mal.
3) Konfirmasi
- Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa melakukan refleksi
mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan
atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI
Kelas IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP
PAI SMP/MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
¨
Menjelaskan bentuk-bentuk
pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
¨
Menjelaskan tatacara
pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
¨
Memperagakan pelaksanaan
ibadah haji dan umrah dengan melakukan manasik haji di sekolah.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
1. Pelaksanaan ibadah haji dengan mendahulukan umrah atas haji
disebut...
a. haji tamattu’
b. haji qiran
c. haji ifrad
d. haji wada’
2. Jelaskan dengan singkat urutan-urutan pelaksanaan ibadah haji dan
umrah!
3. Peragakan pelaksanaan tawaf yang benar lengkap dengan bacaannya!
|
Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
M. PRIYO UTOMO, S.Pd MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001 NIP.197103301998021001
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Cilongok
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
7. Memahami sejarah
perkembangan Islam di Nusantara
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
7.1. Menceritakan sejarah
masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
Karakter siswa yang
diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan (
Lovely)
Kebangsaan (cityzenship )
Materi
Pembelajaran
- Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan.
- Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui kegiatan sosial.
- Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pengajaran.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya kerja keras seperti yang dilakukan Nabi.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun kegiatan perekonomian
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam mengenai sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun sistem perdagangan yang menjunjung nilai-nilai kejujuran.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa melakukan refleksi
mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan
atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI
Kelas IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP
PAI SMP/MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
1. Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara
melalui perdagangan.
2.
Menceritakan
sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui hubungan sosial.
3.
Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pendidikan
dan pengajaran.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
1. Ceritakan dengan singkat sejarah masuknya Islam di Nusantara
melalui perdagangan!
2. Jelaskan dengan singkat sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui
hubungan sosial!
3. Jelaskan dengan singkat sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui
pendidikan dan perdagangan!
|
Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
M. PRIYO UTOMO, S.Pd MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001 NIP.197103301998021001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Cilongok
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
7. Memahami sejarah
perkembangan Islam di Nusantara
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
7.2. Menceritakan sejarah
beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4
X 40 menit ( 2 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi.
Karakter siswa yang
diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan (
Lovely)
Kebangsaan (cityzenship )
Materi
Pembelajaran
- Sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa
- Sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatera
- Sejarah beberapa kerajaan Islam di Sulawesi
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Siswa menyaksikan VCD sejarah hijrah nabi ke Madinah dan perjuangan Nabi dan para sahabat periode Madinah.
2). Elaborasi
- Siswa menyusun sinopsis.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
- Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
- Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber Belajar
·
Buku PAI
Kelas IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP
PAI SMP / MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
1. Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Jawa.
2.
Menceritakan
beberapa kerajaan Islam di Sumatera.
3.
Menceritakan
beberapa kerajaan Islam di Sulawesi.
4.
Menceritakan beberapa kerajaan Islam di luar Jawa, Sumatera, dan
Sulawesi.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1. Dua di antara kerajaan Islam yang ada di Jawa pada masa lalu adalah
... dan ...
2. Jelaskan bagaimana akhir pemerintahan kerajaan Samudera Pasai di
Sumatera!
3. Sebutkan beberapa kerajaan Islam yang pernah berkembang di
Sulawesi!
4. Sebutkan beberapa kerajaan Islam yang pernah berkembang di luar
Jawa, Sumatera, dan Sulawesi!
|
Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
M. PRIYO UTOMO, S.Pd MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001 NIP.197103301998021001