RPP PAI Kelas IX Tahun 2012 - 2013

Posted by Mustofa SAg Kamis, 07 Juni 2012 0 comments

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMP Negeri 1 Cilongok
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas     /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
1. Memahami Al-Qur’an surat at-Tin
Kompetensi Dasar
:
1.1. Membaca QS. at-Tin dengan tartil.
Alokasi Waktu 
:
2 X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membaca surat at-Tin dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar

Karakter  siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Surat at-Tin

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan membaca al-Qur’an.
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.


Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru mendemonstrasikan bacaan surat at-Tin.
2). Elaborasi
·         Siswa berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.
·         menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Membaca potongan-potongan ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
§  Membaca keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan tartil dan benar.
Tes tertulis

Tes uraian

§  Bacalah surat at-Tin dengan fasih, kemudian hafalkan!

Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui                                                                       Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



M. PRIYO UTOMO, S.Pd                                                MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001                                             NIP.197103301998021001


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMP Negeri 1 Cilongok
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas     /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
1. Memahami Al-Qur’an surat at-Tin
Kompetensi Dasar
:
1.2. Menyebutkan arti QS at-Tin
Alokasi Waktu 
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membaca arti mufradad surat at-Tin, mengartikan surat at-Tin, dan dapat menjelaskan kandungan ayat surat at-Tin.

Karakter  siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Arti mufradad surat at-Tin
  • Arti surat at-Tin
  • Kandungan ayat surat at-Tin

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apresepsi
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru mendemonstrasikan bacaan surat QS at-Tin.
2). Elaborasi
·         Siswa membaca arti mufradad.
·         Siswa berlatih mengartikan ayat demi ayat berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan .
·         menyampaikan kesulitan yang dialami kepada guru, guru bertindak sebagai fasilitator.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran
·        VCD pembelajaran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Mengartikan masing-masing kata dalam QS. at-Tin dengan benar.
§  Mengartikan masing-masing ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
§  Mengartikan keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
Tes tertulis

Tes uraian
Tes isian

§  Lafaz     وطور سينين artinya ....
§  Lafaz    لقد خلقنا artinya ....
§  Lafaz    أحسن تقويم artinya ....
§  Tulislah arti surat at-Tin ayat 4!
§  Tulislah arti surat at-Tin ayat 4!

Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui                                                                       Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



M. PRIYO UTOMO, S.Pd                                                MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001                                             NIP.197103301998021001


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMP Negeri 1 Cilongok
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas     /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
1. Memahami Al-Qur’an surat at-Tin
Kompetensi Dasar
:
1.3. Menjelaskan makna QS. at-Tin.
Alokasi Waktu 
:
2 X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.

Karakter  siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi Pembelajaran   
  • makna QS. at-Tin.

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apresepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan makna Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin.
2). Elaborasi
·         Siswa membaca dan mengkaji buku-buku tafsir untuk memahami makna QS. at-Tin.
·         Menjelaskan pesan-pesan pokok dari QS. at-Tin.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran
·        VCD pembelajaran
Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.
§  Menjelaskan pesan-pesan pokok dari QS. at-Tin.
Tes tertulis

Tes uraian
Tes isian

§  jelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.
§  jelaskan pesan-pesan pokok dari QS. at-Tin.

Bentuk Instrumen
·         Lembar penilaian diri /skala sikap
Instrumen Soal

Pernyataan
Selalu
Sering
Jarang
Tidak Pernah
Skor 0
Skor 1
Skor 2
Skor 3
1
Saya melaksanakan perintah orang tua kalau diberi hadiah




2
Ketika ulangan saya berusaha agar mendapat nilai bagus walaupun harus menyontek




3
Ketika teman-teman merokok saya ikut-ikutan




4
Saya tidak usah berusaha karena kaya dan miskin sudah menjadi takdir Allah SWT




5
Saya telat membayar uang sekolah karena saya menerapkan sikap sabar





Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui                                                                       Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



M. PRIYO UTOMO, S.Pd                                                MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001                                             NIP.197103301998021001

Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMP Negeri 1 Cilongok
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas     /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
2. Memahami Ajaran   Al – Hadits tentang menuntut ilmu
Kompetensi Dasar
:
2.1. Membaca hadits tentang menuntut ilmu
Alokasi Waktu 
:
2 X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membaca hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar

Karakter  siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  •  
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru mendemonstrasikan bacaan hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih.
2). Elaborasi
·         Siswa berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.
·         menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Membaca setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.
§  Membaca keseluruhan al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.
Tes tertulis

Tes uraian
Tes isian

Bacalah hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih dengan fasih, kemudian hafalkan!


Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui                                                                       Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



M. PRIYO UTOMO, S.Pd                                                MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001                                             NIP.197103301998021001


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMP Negeri 1 Cilongok
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas     /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
2. Memahami Ajaran   Al – Hadits tentang menuntut ilmu
Kompetensi Dasar
:
2.2. Menyebutkan arti hadits tentang menuntut ilmu
Alokasi Waktu 
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membaca arti mufradad hadits tentang menuntut ilmu, mengartikan hadits tentang menuntut ilmu, dan dapat menjelaskan kandungan hadits tentang menuntut ilmu.

Karakter  siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity )

Materi Pembelajaran   
  • Arti mufradad hadits tentang menuntut ilmu
  • Arti surat hadits tentang menuntut ilmu
  • Kandungan hadits tentang menuntut ilmu

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apresepsi
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru menjelaskan kandungan hadits tentang menuntut ilmu.
2). Elaborasi
·         Siswa membaca arti mufradad.
·         Siswa berlatih mengartikan hadits tentang menuntut ilmu berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan .
3) Konfirmasi
·         menyampaikan kesulitan yang dialami kepada guru, guru bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP/MTS
·        Mushaf Al-Quran
·        VCD pembelajaran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.
§  Mengartikan keseluruhan al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.
Tes tertulis

Tes uraian
Tes isian

§  Lafaz   النظافة  artinya ....
§  Lafaz    من الإيمان artinya ....
§  Lafaz    نظيف artinya ....
§  Tulislah arti hadits tentang menuntut ilmu yang menyatakanbahwa menuntut ilmu itu sebagian dai iman!
§  Tulislah artinya!

Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui                                                                       Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



M. PRIYO UTOMO, S.Pd                                                MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001                                             NIP.197103301998021001


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMP Negeri 1 Cilongok
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas     /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
2. Memahami al-Hadits tentang menuntut ilmu
Kompetensi Dasar
:
2.3. Menyebutkan hadits tentang menuntut ilmu
Alokasi Waktu 
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat mensimulasikan sikap berserah menjaga menuntut ilmu serta membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Karakter  siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely)

Materi Pembelajaran   
  • Sikap menjaga menuntut ilmu.
  • Pembiasaan diri menjaga menuntut ilmu.

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apresepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai makna kandungan hadits tentang menuntut ilmu.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru menjelaskan Sikap menjaga menuntut ilmu.
2). Elaborasi
·         Siswa melakukan kegiatan pembiasaan berserah diri dalam setiap aktifitas belajar maupun pekerjaan yang lain.
·         Siswa melaporkankegiatannya.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran
·        VCD pembelajaran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan makna yang terkandung dalam al-Hadits tentang menuntut ilmu.
§  Menjelaskan arti menuntut ilmu seperti yang terkandung dalam al-Hadits.
§  Menjelaskan prinsip-prinsip menuntut ilmu seperti terdapat dalam al-Hadits.
Tes tertulis

Tes uraian
Tes isian

§  jelaskan makna yang terkandung dalam al-Hadits tentang menuntut ilmu.
§  Jelaskan arti menuntut ilmu seperti yang terkandung dalam al-Hadits.
§  jelaskan prinsip-prinsip menuntut ilmu seperti terdapat dalam al-Hadits.

Bentuk Instrumen
·         Lembar penilaian diri  skala sikap

Instrumen Soal

Pernyataan
Selalu
Sering
Jarang
Tidak Pernah
Skor 0
Skor 1
Skor 2
Skor 3
1
Saya memakai pakaian yang bersih dan rapi




2
Ketika akan shalat saya pasti wudu dan menggunakan pakaian yang suci




3
Saya mandi sehari paling tidak dua kali




4
Saya memotong kuku seminggu sekali




5
Ketika melihat sampah yang tercecer saya buang di tempat sampah.








Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui                                                                       Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



M. PRIYO UTOMO, S.Pd                                                MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001                                             NIP.197103301998021001


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMP Negeri 1 Cilongok
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas     /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
3. Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
Kompetensi Dasar
:
3.1. Menjelaskan pengertian beriman kepada Hari Akhir
Alokasi Waktu 
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat mengimani hari akhir, menjelasakan kehidupan dunia hanya sementara, serta menjelaskan fungsinya.

Karakter  siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely)

Materi Pembelajaran   
  • Pengertian iman kepada hari akhir
  • Kehidupan dunia yang bersifat sementara
  • Fungsi beriman kepada hari akhir dalam kehidupan

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apresepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya memahami iman kepada hari akhir.
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group).

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru memberikan gambaran mengenai dhsyatnya hari akhir.
2). Elaborasi
  • Siswa berlatih membaca dalil naqli mengenai hari akhir dengan metode .
  • Siswa berdiskusi tentang kehidupan dunia yang hanya sementara.
3) Konfirmasi
  • Siswa menelaah lebih mendalam mengenai fungsi beriman kepada hari akhir..



Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP/MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan pengertian hari akhir.
§  Menjelaskan nama-nama hari akhir.
§  Menjelaskan berbagai peristiwa terkait dengan hari akhir.
§  Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir
§  Menjelaskan hikmah beriman kepada hari akhir.
Tes tertulis

Tes uraian

§  Jelaskan pengertian iman kepada hari akhirl!
§  Ceritakan kejadian hari akhir!
§  Tulislah ayat tentang hari akhir!
§  Jelaskan tanda-tanda hari akhir!
§  Jelasakan fungsi beriman kepada hari akhir!

Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui                                                                       Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



M. PRIYO UTOMO, S.Pd                                                MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001                                             NIP.197103301998021001


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMP Negeri 1 Cilongok
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas     /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
3. Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
Kompetensi Dasar
:
3.2. Menyebutkan ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan hari Akhir
Alokasi Waktu 
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membaca dan mengartikan dalil naqli dan aqli tentang hari akhir dan adanya pembalasan amal baik dan buruk manusia.

Karakter  siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely)

Materi Pembelajaran   
  • Dalil naqli dan aqli tentang hari akhir
  • Dalil naqli tentang adanya pembalasan amal baik dan buruk manusia

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Diskusi
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Aprsepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya mengartikan dalil naqli dan aqli tentang hari akhir.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru mendemonstrasikan ayat-ayat yang berhubungan dengan ahri akhir.
2). Elaborasi
  • Siswa berlatih membaca dan mengartikan dengan metode .
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP/MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menegaskan iman kepada hari akhir.
§  Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan tanda-tanda datangnya hari akhir.
§  Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan berbagai peristiwa yang terjadi pada hari akhir.
Tes tertulis

Tes uraian

§  Sebutkan ayat-ayat al-Quran yang menegaskan iman kepada hari akhir.
§  Sebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan tanda-tanda datangnya hari akhir.
§  Sebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan berbagai peristiwa yang terjadi pada hari akhir.

Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui                                                                       Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



M. PRIYO UTOMO, S.Pd                                                MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001                                             NIP.197103301998021001


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMP Negeri 1 Cilongok
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas     /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
3. Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
Kompetensi Dasar
:
3.3. Menampilkan sikap mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah
Alokasi Waktu 
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa membiasakan diri tadarus al-Qur'an dan berperilaku yang sesuai dengan ajaran al-Qur'an.

Karakter  siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely)
Materi Pembelajaran   
  • Tadarus al-Qur'an
  • Perilaku yang sesuai dengan ajaran al-Qur'an

Metode Pembelajaran 
  • Penugasan
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Aprsepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya sikap mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah kegiatan tadarus al-Quran.
2). Elaborasi
  • Siswa melakaukan kegiatan tadarus di rumah selama satu minggu.
  • Siswa mendeskripsikan kesan-kesannya.
3) Konfirmasi
  • Siswa melaporkan hasil kegiatannya secara tertulis.

Kegiatan Penutup
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP/MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
·     Menjelaskan pengertian kiamat sughra dan tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
·     Menjelaskan pengertian kiamat kubra dan tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
·     Menjelaskan proses kejadian kiamat sughra dan kubra seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.

Tes tertulis

Tes uraian

§  jelaskan pengertian kiamat sughra dan tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
§  jelaskan pengertian kiamat kubra dan tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
§  jelaskan proses kejadian kiamat sughra dan kubra seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.


Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui                                                                       Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



M. PRIYO UTOMO, S.Pd                                                MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001                                             NIP.197103301998021001


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMP Negeri 1 Cilongok
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas     /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
:
4.1. Menjelaskan pengertian tasamuh
Alokasi Waktu 
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menjelaskan   tasamuh, membaca dan mengartikan dalil naqlinya, serta menjelaskan fungsinya dalam kehidupan.

Karakter  siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely)
Materi Pembelajaran   
  • Pengertian  tasamuh
  • Dalil naqli tentang   tasamuh
  • Fungsi   tasamuh dalam kehidupan

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apresepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya berakhlak mulia.
  • Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group)

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pengertian   tasamuh.
2). Elaborasi
  • Siswa menelaah lebih dalam mengenai   tasamuh.
  • Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang   tasamuh dengan metode .
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
·     Menjelaskan pengertian qana'ah dan menyebutkan dalilnya.
·     Menjelaskan pengertian tasamuh dan menyebutkan dalilnya.
Tes tertulis

Tes uraian

·     Jelaskan pengertian qanaah!
·     Jelakan pengertian tasamuh!
·     Jelaskan ciri-ciri qana’ah!
·     Apakah fungsi qanaah?
·     Tulislah dalil naqli tentang tasamuh!

Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui                                                                       Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



M. PRIYO UTOMO, S.Pd                                                MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001                                             NIP.197103301998021001


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMP Negeri 1 Cilongok
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas     /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
:
4.2. Menampilkan contoh perilaku   tasamuh
Alokasi Waktu 
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh perilaku   tasamuh dalam kehidupan dan menyukainya.

Karakter  siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Contoh-contoh perilaku   tasamuh dalam kehidupan.

Metode Pembelajaran 
  • Tanya jawab
  • Diskusi
  • Penugasan
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apresepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai indahnya berakhlak mulia.
  • Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
  • Siswa berdiskusi untuk mencari contoh-contoh nyata perilaku   tasamuh dalam kehidupan.
3) Konfirmasi
  • Siswa melaporkan hasilnya.

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
·     Menunjukkan contoh-contoh perilaku qana’ah dalam kehidupan sehari-hari.
·     Menunjukkan contoh-contoh perilaku tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
Tes tertulis

Tes uraian

·     Ceritakan contoh penerapan qana’ah!
·     Ceritakan contoh penerapan tasamuh!

Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui                                                                       Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



M. PRIYO UTOMO, S.Pd                                                MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001                                             NIP.197103301998021001


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMP Negeri 1 Cilongok
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas     /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
:
4.3. Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi Waktu 
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membiasakan diri berperilaku    tasamuh dalam kehidupan serta merasakan manfaatnya.

Karakter  siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Pembiasaan perilaku   tasamuh dalam kehidupan
  • Manfaat berperilaku   tasamuh dalam kehidupan

Metode Pembelajaran 
  • Tanya jawab
  • Modeling
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apresepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai indahnya berakhlak mulia.
  • Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
  • Siswa melakukan simulasi perilaku   tasamuh.
3) Konfirmasi
  • Siswa menuliskan kesan-kesannya.

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
·     Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam lingkungan keluarga.
·     Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam lingkungan sekolah.
·     Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam lingkungan masyarakat.
Tes tertulis

Tes simulasi

·     Simulasikan sikap anak yang toleran terhadap kawannya yang bukan muslim!

Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui                                                                       Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



M. PRIYO UTOMO, S.Pd                                                MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001                                             NIP.197103301998021001


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMP Negeri 1 Cilongok
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas     /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
5. Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan
Kompetensi Dasar
:
5.1. Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan
Alokasi Waktu 
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian, syarat-syarat, hal-hal yang makruh, dalil naqli, dan tatacara penyembelihan hewan.

Karakter  siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity )

Materi Pembelajaran   
  • Pengertian penyembelihan hewan
  • Syarat-syarat penyembelihan.
  • Dalil naqli tentang penyembelihan hewan.
  • Hal-hal yang makruh dalam menyembelih.
  • Tatacara menyembelih hewan.

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya menghindari akhlak tercela.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pengertian zakat, macam-macam zakat, waktu pelaksanaan zakat fitrah dan besarnya zakat fitrah
2). Elaborasi
  • Siswa menelaah lebih dalam menganai Jenis-jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya serta Nisab zakat mal
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
·         Menjelaskan pengertian penyembelihan hewan dan dasar hukumnya.
·         Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan yang baik dan benar.
·         Menunjukkan dalil naqli terkait dengan penyembelihan hewan.
Tes tertulis

Tes uraian

·         Apa dasar hukum dilakukannya penyembelihan hewan?
·         Jelaskan secara singkat tentang tata cara penyembelihan hewan yang benar menurut hukum Islam!
·         Carilah ayat-ayat al-Quran yang terkait dengan penyembelihan hewan lalu tuliskan dalam buku kerja kalian!


Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui                                                                       Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


M. PRIYO UTOMO, S.Pd                                                MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001                                             NIP.197103301998021001

Saran Kepala Sekolah :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMP Negeri 1 Cilongok
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas     /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
5. Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan
Kompetensi Dasar
:
5.2. Menjelaskan ketentuan aqiqah dan qurban
Alokasi Waktu 
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menjelasakan ketentuan aqiqah dan qurban.

Karakter  siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity )
Materi Pembelajaran   
  • Pengertian  qurban.
  • Dalil naqli hukum pelaksanaan qurban..
  • Waktu pelaksanaan qurban.
  • Ketentuan hewan qurban
  • Pembagian daging qurban.
  • Pengertian aqiqah
  • Dalil naqli hukum pelaksanaan aqiqah.
  • Waktu pelaksanaan aqiqah.
  • Ketentuan hewan aqiqah.
  • Pembagian daging aqiqah.

Metode Pembelajaran 
  • Tanya jawab
  • Diskusi
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas diskusi yang harus dilakukan siswa.

2). Elaborasi
  • Siswa berdiskusi untuk mencari perbedaan zakat fitrah dan mal.
3) Konfirmasi
  • Siswa melaporkan hasilnya.

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP/MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
¨       Menjelaskan pengertian aqiqah dan qurban serta dasar hukumnya.
¨       Menjelaskan syarat-syarat aqiqah dan qurban.
¨       Menjelaskan perbedaan antara aqiqah dan qurban.
¨       Menyebutkan dalil naqli terkait dengan aqiqah dan qurban
Tes tertulis

Tes uraian
¨       Apa yang dimaksud dengan qurban?
¨       Sebutkan syara-syarat hewan untuk aqiqah dan qurban!
¨       Jelaskan perbedaan antara aqiqah dan qurban!
¨       Carilah ayat-ayat al-Quran terkait
Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui                                                                       Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



M. PRIYO UTOMO, S.Pd                                                MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001                                             NIP.197103301998021001

Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMP Negeri 1 Cilongok
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas     /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
5. Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan
Kompetensi Dasar
:
5.3. Memperagakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban
Alokasi Waktu 
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat memperagakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban.

Karakter  siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity )
Materi Pembelajaran   
  • Doa/lafaz sebelum menyembelih binatang.
  • Praktik cara menyembelih binatang qurban dan aqiqah.

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban.
  • Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa.
2). Elaborasi
  • Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang orang-orang yang berhak menerima zakat.
  • Siswa mengklasifikasi danmenjelasakan orang-orang yang berhak menerima zakat.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP/MTS
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
¨       Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan aqiqah dan qurban.
¨       Memperagakan penyembelihan hewan aqiqah dan qurban di depan kelas.

Tes tertulis

Tes uraian
¨       Jelaskan tatacara penyembelihan hewan aqiqah dan qurban!
¨       Peragakan cara penyembelihan hewan qurban dan aqiqah di hadapan teman-teman kalian!


Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui                                                                       Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



M. PRIYO UTOMO, S.Pd                                                MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001                                             NIP.197103301998021001


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMP Negeri 1 Cilongok
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas     /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
6. Memahami hukum Islam tentang Haji dan Umrah
Kompetensi Dasar
:
6.1. Menyebutkan pengertian dan ketentuan haji dan umrah
Alokasi Waktu 
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat mamahami ketentuan haji dan umrah.

Karakter  siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity )
Materi Pembelajaran   
  • Pengertian haji dan umrah.
  • Dalil naqli tentang haji dan umrah.
  • Hukum melaksanakan ibdah haji dan umrah.
  • Syarat-syarat haji dan umrah.
  • Rukun haji dan umrah.
  • Wajib haji dan umrah.
  • Sunah haji dan umrah
  • Larangan bagi orang yang melaksanakan haji dan umrah.
  • Dam dalam haji dan umrah.

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya menghindari akhlak tercela.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pengertian zakat, macam-macam zakat, waktu pelaksanaan zakat fitrah dan besarnya zakat fitrah

2). Elaborasi
  • Siswa menelaah lebih dalam menganai Jenis-jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya serta Nisab zakat mal
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
¨       Menjelaskan pengertian haji dan umrah serta dasar hukumnya.
¨       Menjelaskan syarat-syarat haji dan umrah.
¨       Menjelaskan rukun dan wajib haji serta perbedaan antara keduanya.
¨       Menjelaskan rukun umrah.
¨       Menjelaskan sunnah haji dan umrah.
¨       Menjelaskan larangan-larangan pada waktu melaksanakan ibadah haji dan umrah.
¨       Menunjukkan dalil naqli terkait dengan ibadah haji dan umrah.
¨       Menjelaskan hikmah dan fungsi ibadah haji dan umrah.
Tes tertulis

Tes uraian
¨       Jelaskan apa yang dimaksud dengan haji dan umrah!
¨       Sebutkan syarat-syarat haji dan umrah!
¨       Jelaskan perbedaan antara
¨       Jelaskan rukun-rukun umrah yang kalian ketahui!
¨       Sebutkan beberapa sunnah haji dan umrah!
¨       Sebutkan dua macam larangan yang dilkukan pada waktu melaksanakan ibadah haji!
¨       Carilah dalil naqli baik dari ayat-ayat al-Quran maupun hadits terkait dengan ibadah haji dan umrah lalu tuliskan dalam buku kerja kalian!
¨       Cobalah kalian lakukan identifikasi tentang hikmah dan fungsi ibadah haji dan umrah terkait dengan perilaku kita sehari-hari!


Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui                                                                       Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



M. PRIYO UTOMO, S.Pd                                                MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001                                             NIP.197103301998021001


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMP Negeri 1 Cilongok
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas     /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
6. Memahami hukum Islam tentang Haji dan Umrah
Kompetensi Dasar
:
6.2. Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah
Alokasi Waktu 
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah.

Karakter  siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity )
Materi Pembelajaran   
  • Bentuk-bentuk pelaksanakan ibadah haji dan umrah
  • Manasik haji dan umrah

Metode Pembelajaran 
  • Tanya jawab
  • Diskusi
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas diskusi yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
  • Siswa berdiskusi untuk mencari perbedaan zakat fitrah dan mal.
3) Konfirmasi
  • Siswa melaporkan hasilnya.

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP/MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
¨       Menjelaskan bentuk-bentuk pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
¨       Menjelaskan tatacara pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
¨       Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah dengan melakukan manasik haji di sekolah.

Tes tertulis

Tes uraian
1. Pelaksanaan ibadah haji dengan mendahulukan umrah atas haji disebut...
    a. haji tamattu’
    b. haji qiran
    c. haji ifrad
    d. haji wada’
2. Jelaskan dengan singkat urutan-urutan pelaksanaan ibadah haji dan umrah!
3. Peragakan pelaksanaan tawaf yang benar lengkap dengan bacaannya!


Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui                                                                       Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



M. PRIYO UTOMO, S.Pd                                                MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001                                             NIP.197103301998021001


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Sekolah
:
SMP Negeri 1 Cilongok
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas     /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
7. Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara
Kompetensi Dasar
:
7.1. Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
Alokasi Waktu 
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.

Karakter  siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely)
Kebangsaan (cityzenship )

Materi Pembelajaran   
  • Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan.
  • Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui kegiatan sosial.
  • Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pengajaran.

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • Diskusi
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya kerja keras seperti yang dilakukan Nabi.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun kegiatan perekonomian
2). Elaborasi
  • Siswa menelaah lebih dalam mengenai sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun sistem perdagangan yang menjunjung nilai-nilai kejujuran.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP/MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.   Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan.
2.   Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui hubungan sosial.
3.  Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pendidikan dan pengajaran.
Tes tertulis

Tes uraian
1. Ceritakan dengan singkat sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan!
2. Jelaskan dengan singkat sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui hubungan sosial!
3. Jelaskan dengan singkat sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pendidikan dan perdagangan!

Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui                                                                       Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



M. PRIYO UTOMO, S.Pd                                                MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001                                             NIP.197103301998021001



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
SMP Negeri 1 Cilongok
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas     /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
7. Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara
Kompetensi Dasar
:
7.2. Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi
Alokasi Waktu 
:
4  X  40 menit ( 2 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat  Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi.

Karakter  siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely)
Kebangsaan (cityzenship )
Materi Pembelajaran   
  • Sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa
  • Sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatera
  • Sejarah beberapa kerajaan Islam di  Sulawesi

Metode Pembelajaran 
  • Tanya jawab
  • Diskusi
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama dan kedua
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Siswa menyaksikan VCD sejarah hijrah nabi ke Madinah dan perjuangan Nabi dan para sahabat periode Madinah.
2). Elaborasi
  • Siswa menyusun sinopsis.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
  • Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
  • Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  • Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
  • Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.   Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Jawa.
2.   Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Sumatera.
3.   Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Sulawesi.
4.  Menceritakan beberapa kerajaan Islam di luar Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

Tes lisan

Jawaban singkat
1. Dua di antara kerajaan Islam yang ada di Jawa pada masa lalu adalah ...  dan ...
2. Jelaskan bagaimana akhir pemerintahan kerajaan Samudera Pasai di Sumatera!
3. Sebutkan beberapa kerajaan Islam yang pernah berkembang di Sulawesi!
4. Sebutkan beberapa kerajaan Islam yang pernah berkembang di luar Jawa, Sumatera, dan Sulawesi!
Cilongok, 1 Juli 2012
Mengetahui                                                                       Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



M. PRIYO UTOMO, S.Pd                                                MUSTOFA, S.Ag
NIP.196203161983011001                                             NIP.197103301998021001


Judul: RPP PAI Kelas IX Tahun 2012 - 2013 Rating: 4.5 Renulis: Mustofa SAg
Bagikan ke Teman :